Sebelum kita masuk ke materinya lebih dalam mari kita mengetahui dulu ap aitu interaksi manusaia dan komputer (IMK). IMK adalah suatu sistem interaksi/interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user (Perpaduan seni dan sains secara menyeluruh). Istilah IMK baru digunakan beberapa waktu yang lalu, namun istilah ini sudah mengakar kedalam bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini telah dimulai dari saat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan system persenjataan yang efektif.
Sejarah interaksi manusia dan komputer
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Interaksi manusia dan komputer adalah suatu ilmu yang berhubungan dengan komputer grafik, sistem operasi, faktor manusia, ergonomi, rekayasa industri, psikologi teori, dan sistem bagian dari ilmu pengetahuan komputer. Komputer Grafik dilahirkan dari penggunaan alat pena dan CRT merupakan awal sejarah komputer. Ini mendorong pengembangan beberapa tekinik Interaksi manusia dan komputer. Banyak teknik sejak hari Sketchpad Sutherland’S Ph.D. (1963) bahwa menandai permulaan komputer grafik sebagai acuan. Dalam komputer grafik telah dikembangkan perangkat keras dan algoritma yang mengijinkan manipulasi dan perngkat keras lebih realistis. Komputer grafik mempunyai peran penting dalam Interaksi manusia dan komputer, yaitu pemodelan sistem dan perancangan tatapan muka dengan pengguna.
v Evolusi Antarmuka bisa dijabarkan sebagai berikut :
- Tahun 50an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik ( switch panel)
- Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman ( COBOL, FORTRAN)
- Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi
- Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi ( GUI, Multimedia)
- Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja ( Sistem Network, Groupware)
- Tahun 00an – Antarmuka berkembang dengan luas ( mobile device, interactive screen
v Tujuan rekayasa sistem Interaksi Manusia dan Komputer yaitu :
1. Fungsionalitas yang semestinya :
· Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan.
· Sistem dengan fungsionalitas berlebihan berbahaya:
o Implementasi,
o Pemeliharaan,
o Belajar,
o Penggunaan sulit
2. Kehandalan, ketersediaan, keamanan, integritas data
1) Kehandalan (reliability): berfungsi seperti yang diinginkan
2) Ketersediaan (availability): tersedia ketika hendak digunakan
3) Keamanan (security): terlindung dari akses yang tak diinginkan dan kerusakan yang disengaja.
4) Integritas data (data integrity): keutuhan data terjamin.
v Kriteria user Friendly
· Mudah di perlajari
· Memiliki tampilan yang bagus
· Mudah untuk di jalankan/dioperasikan
· Para pengguna merasa puas dan senang setiap kali menggunakan software tersebut
Nah apa sih perbedaan antara UI dengan IMK?
UI atau panjangannya usr interface merupakan Bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sedangkan IMK adalah suatu Perancangan, implementasi, dan evaluasi dari user interface
0 komentar:
Posting Komentar