Rabu, 24 Februari 2021

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)

 

Interaksi Manusia Dan Komputer atau singkatannya IMK atau nama lainnya hukum computer Interaction yang singkatannya HCI ini merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perancangan, implementasi dan evakuasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. Dan manusia dengan mempertimbangkan fenomena fenomena di sekitar manusia itu sendiri. Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog atau pun kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Interaksi manusia dan komputer ini meliputi kedalam ergonomic dan factor manusia.

Ada beberpa bidang yang terlibat dalam Interaksi Manusia dan komputer, yaitu:

1.     Psikologis                               : persepsi user, kemampuan memecahkan masalah

2.     Bisnis                                      : Pemasaran

3.     Desain grafis                          : Presentasi Grafis

4.     Ergonomic                             : kemampuan Fisisk user

5.     Ilmu Komputer & Teknik   : Membuat Teknologi

6.     Sosiologi                                 : Kemampuan memahami konsep Interkasi

Tujuan dari Interksi manuasi dan komputer ini adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang kita perlukan selama kita bekerja pada sebuah sistem komputer. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.

Ada tahapan tahapan Human computer interaction (HCI):

1.     Perencana

Didalam perencanaan ini terdapat:

a.      Wirefame : sketsa antarmuka pengguna atau user interface (UI)

b.     Storyboard : penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan

c.      Wireflow : representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframe terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran

d.     Mockup : desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk

e.      Prototipe : versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.

 

2.     Implementasi

Suatu hasil dari rancangan wirefame, stroryboard, wifeflow, mockup, prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata. Ada pun jenis dari implementasi ini yang terdiri dari:

a.      Aplikasi Mobile, contohnya seperti yang ada di dalam Androit Studio

b.     Aplikasi Desktop, Contohnya seperti Visual basic (VB) & Visual Basic Net (VB Net)

c.      Website, banyak terdapat jenis yang terdapat di dalam website:

·       Programming Native : HTML (Hypertext Markup Language) , CSS (Cascading style sheets) ,PHP (Hypertext Preprocessor)

·       Framework : CSS (Bootstrap + PHP), PHP (CodeIgniter,Yii, Laravel)

·       CMS (Content Management System) : WordPress, Joomla, Drupal

3.     Evaluasi

Evaluasi adalah pengukuran dan perbaikan suatu kegiatan, seperti membandingkan hasil kegiatan dan menganalisisnya.

·       Usability : tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia dan sejauh mana sebuah produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif, efisiensi dan pengguna menjadi puas dalam kontek penggunaan.

·       User experience (UX) : sesuai artinya dalam bahasa Indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.


0 komentar:

Posting Komentar