Search Engine adalah sebuah program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.
Mesin pencari pertama kali adalah sebuah program yang disebut Archie (tunjuk gambar) yang muncul pada tahun 1990. Dimana program Archie memungkinkan orang untuk mengakses dan mencari nama file dari suatu halaman website. Tetapi, Archie tidak bisa membuka situs website yang kamu cari, namun langsung mendownload file yang dicari. Seriiring berkembagnya teknologi, muncul berbagai jenis mesin pencari dengan fitur yang berbeda-beda. Pada tahun 1998 Google muncul dan menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Mesin pencari lain yang juga cukup banyak digunakan diantaranya, Mozilla Firefox, Bing (dulunya MSN), Search, Yahoo, dan Baidu).
Fungsi dari Search Engine ini yaitu sebagai alat membantu menemukan informasi tertentu dari laman website serta meningkatkan branding melalui konten yang dikemas menggunakan search engine marketing (SEM) maupun Search engine optimization (SEO). Fungsi search engine yang semakin berkembang dan bertambah mampu menawarkan kemudahan pengguna untuk memperoleh informasi. Bahkan ketergantungan terhadap mesin pencari bisa terjadi, karena kebanyakan orang ketika ingin mencari informasi melalui internet masuk melalui pintu mesin pencari.
Macam macam dari search engine
1. Di urutan pertama ada Google, saat ini orang banyak menggunakan google , google sebagai tempat pencarian berbagai informasi , yang menjadi situs paling banyak dikunjungin berdasarkan Alexa Ranking.
2. Bing, adalah mesin/tempat pencarian yang dikembangkan oleh Microsoft. Mesin pencari ini setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Perubahan ini tak lain adalah untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google. Dan sekarang ia sudah lebih besar dari Yahoo!.
3. Baidu, ini adalah tempat/situs pencarian yang popular dicina. Situs ini tak banyak berubah meskipun badui ini hanya fukus pada segmen local saja. Baidu ini menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja.
4. Yahoo!, situs ini dulu adalah situs yang besar dan sangat terkenal, namun semakin berkembangnya zaman Yahoo! Ini mulai jarang di gunakan.
5. Yandex, lebih populer di kalangan orang Rusia. Ini menjadi kebangga tersediri bagi orang-orang di sana. Meskipun sudah ada Google yang menjadi raja mesin pencari di seluruh dunia.
Ada 3 tahap utama yang dilakukan oleh mesin pencarian untuk menampilkan hasil pencarian para pengguna, yaitu:
1. Crawling
Crawling adalah tahap melakukan scanning dan mengumpulkan setiap halaman website secara detail, seperti judul, gambar, kata kunci, internal link, dan sebagainya. Setiap crawler akan mengumpulkan data yang berbeda. Crawler juga akan mengunjungi kembali halaman website untuk melihat perubahan yang dilakukan sebuah website. Dan bagi halaman website yang ditandai dengan “no index”, artinya halaman tersebut memberi sinyal pada bot Google agar tidak mengindeks halaman tersebut.
2. Indexing
Indexing adalah tahap dimana data yang sudah di crawl, selanjutnya akan diproses dan diletakkan di database. Mesin pencari menggunakan indeks ini sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian.
3. Retrieval dan Ranking
Retrieval adalah tahap mesin pencari ketika memproses permintaan pengguna dan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan permintaan tersebut. Mesin pencari memiliki algoritma dan cara tersendiri dalam memilih halaman mana yang paling relevan dengan permintaan kamu. Dan setiap mesin pencari, memberikan ranking pada masing-masing website yang ditampilkan. Ada yang ditampilkan pada halaman pertama pencarian Google, ada yang di halaman kedua. Tergantung kualitas SEO (Search Engine Optimization) setiap website.
0 komentar:
Posting Komentar