Internet marketing adalah suatu upaya dilakukan untuk pemasaran produk atau jasa melalui media elektronik atau internet. Strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa. Di era digital seperti sekarang, internet marketing memang dianggap sebagai metode berjualan yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan marketing tradisional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran online marketing bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.
Ciri-Ciri Internet Marketing
Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
- Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
- Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
- Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk
Ringkasnya, internet marketing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus meningkatkan volume penjualan. Jadi, kapan sebaiknya memulai metode pemasaran online semacam ini? Jawabannya: sekarang juga.
ciri-ciri marketing tradisional:
- Tipe marketing: seragam, terstruktur, dan jelas. Misalnya dengan iklan di media cetak atau media elektronik.
- Arah komunikasi: dari satu sumber (produsen) ke banyak (calon konsumen) dan searah. Informasi tentang produk atau jasa disebarkan oleh perusahaan (aktif), sedangkan calon konsumen hanya mendengarkan (pasif).
- Jadwal marketing: jangka panjang. Kampanye-kampanye iklan direncanakan untuk jangka panjang.
- Komunikasi dengan konsumen: dipertimbangkan dan dinilai dengan matang. Komunikasi hanya di antara perusahaan dan konsumen (via email, telepon, atau surat). Poin diskusi tetap diusahakan rahasia.
- Ketersediaan: hanya di jam-jam kerja. Tidak ada dukungan langsung setelah jam kerja normal (8/5).
- Ruang lingkup: spesifik. Hanya mentargetkan audience dan pasar tertentu.
- Kaya akan pengalaman: analogis. Berdasarkan kesuksesan sebelumnya, legalitas hukum terjamin
- Supervisi: menjaga konsumen supaya tidak pindah ke kompetitor. Aktifitas marketing diperhatikan dengan menjaga pelanggan dan menganalisis kompetitor.
- Bahasa: formal, aman (dan jelas) secara hukum komersil. Penggunaan kosa-kata yang ketat dalam bahasa marketing, kalimat-kalimat lengkap yang sudah disiapkan.
- Mereka yang terlibat: departemen marketing. Dan departemen hubungan publik, agen-agen luar, dan departemen penjualan.
Marketing menggunakan internet bisa melalui media:
1. Webside
2. Media Sosial
3. Youtube
4. Email
5. Dan media media lainnya
Internet marketing mencakup bagian-bagian besar berikut ini:
- General Internet Marketing (GIM)
- Search Engine Optimization (SEO)
- Social Media Marketing (SMM) & Social Media Optimization (SMO)
- Email Marketing
- Content Marketing
- Search Engine Marketing (SEM)
- Pay-Per-Click (PPC)
- Cost-Per-Impression
- Search Analytics
- Web Analytics
- Display Advertising (DA)
- Affiliate Marketing (AM)
- Mobile Advertising (MA)
0 komentar:
Posting Komentar